Header Ads

Apakah suara dari jam dinding di masjid menyerupai suara lonceng nashrani

السؤال

كما نعلم أن التشبُّه بالكفار شيء محرم، لكننا الآن نسمع جرس الساعة الموجودة في المسجد كما سمعنا الآن فيقول البعض: إن جرسها يشبه صوت الناقوس الموجود عند النصارى. فهل ننكر هذا العمل؟

الجواب لفضيلة الشيخ محمد بن صالح العثيمين رحمه الله تعالى
القول بأنه يشبه الناقوس قول غير صحيح؛ لأننا سألنا عنه، وقالوا: إنه ليس كذلك. وما هذا الصوت الذي نسمع إلا كصوت الساعة العادية اليدوية؛ لكنه في هذه الساعة الحائطية أقوى، إنما بعض الناس يشكو من هذه الساعة؛ لأنها تزعج الناس بصوتها لا من أجل الناقوس.

المصدر: سلسلة لقاءات الباب المفتوح > لقاء الباب المفتوح - 1

Soal:
Sebagaimana yang kita ketahui bahwa menyerupai orang-orang kafir adalah perkara yang diharamkan, akan tetapi sekarang kita masih mendengar adanya suara lonceng dari jam dinding yang ada di masjid sebagaimana kita dengarkan sekarang, maka sebagian orang mengatakan bahwa suara deringan jam dinding itu menyerupai suara lonceng yang ada di kaum Nashrani. Apakah kita boleh mengingkarinya?

Jawab:
Pendapat yang mengatakan bahwa hal itu menyerupai lonceng maka tidak benar, karena kita telah bertanya tentang hal itu, maka mereka mengatakan bahwa suara itu tidak seperti lonceng. Tidaklah suara yang kita dengarkan itu melainkan hanya seperti suara jam tangan biasa, akan tetapi suara jam dinding itu lebih kuat. Hanya saja sebagian orang mengeluhkan tentang jam tersebut karena menimbulkan kegaduhan dengan suaranya, bukan karena menyerupai lonceng.

Sumber: 
Silsilatu liqa-atil babil maftuh - Liqa-ul babil maftuh
Syaikh Muhammad bin Shalih Al Utsaimin rahimahullahu ta'ala
Diberdayakan oleh Blogger.