Header Ads

Kapan dimulai memberi ucapan selamat pada hari ied dan sampai kapan?

Tanya:
Kapan waktu dimulainya memberikan ucapan selamat pada hari ied, dan sampai hari apa berlangsungnya hari ied dan memberikan ucapan selamat?

Jawab:
Oleh Asy Syaikh Muqbil bin Hadi Al Wadi'iy rahimahullah

Memberikan ucapan selamat hari raya, saya tidak mengetahui sesuatu dalil yang datang tentangnya. Dan tidak mengapa memberikan ucapan selamat sebagian orang kepada sebagian yang lain dengan apa yang mereka peroleh dari kebaikan, dan hal ini tidak sampai pada tingkatan bid'ah. Dan tidak ada di sana pembatasan waktu padanya.

Adapun apa yang orang-orang lakukan pada hari-hari ini dari menyibukkan diri dengan ziarah pada hari ied, maka hal ini tidak ada dalil padanya. Dari pagi hari ied sampai waktu maghrib, demikian pula pada hari kedua, hari ketiga dan seterusnya. Demikian pula ziarah ke teman-teman. Maka hal ini tidak ada dalil padanya.

Dan yang lebih jelek lagi, apabila seorang laki-laki bersalaman dengan wanita yang tidak dihalalkan baginya untuk bersalaman dengannya. Ada wanita yang dihalalkan untuk bersalaman dengannya adalah wanita mahram yang diharamkan untuk dinikahi selama-lamanya. Kecuali pada kasus mula'anah, karena ia diharamkan untuk dinikahi selama-lamanya, akan tetapi ia tidak boleh bersalaman dengannya.

Lihat:
Kitab Fadha'ih wa Nasha'ih hal.87

Dinukil dari Majmu'ah Ulama al-Yaman as-Salafiyyin (89)

Alih bahasa:
Abdulaziz Bantul
Diberdayakan oleh Blogger.