Silsilah bid'ah thaharah (8) - Bolehkah saat membasuh wajah (wudhu) membaca Allahumma bayyidh wajhi kama bayyadhta wujuuhan wa kama sawwadta wujuuhan, Allahummaj'alni asyrabu min maa-il jannah...sampai akhir ucapan
سلسلة أنواع بدع الطهارة
هل يجوز للمسلم إذا توضأ فغسل وجهه أن يقول : اللهم بيِّض وجهي كما بيضت وجوهًا وكما سوَّدت وجوهًا، اللهم اجعلني أشرب من ماء الجنة . . . إلخ ؟
الجواب: لا يُقال هذا الدعاء عند غسل الوجه؛ لأنه لم يرد عن النبي صلى الله عليه وسلم، والنبي عليه الصلاة والسلام يقول: ( من أحدث في أمرنا هذا ما ليس منه؛ فهو ردٌّ ) رواه البخاري، ويقول: ( من عمل عملاً ليس عليه أمرنا؛ فهو ردٌّ ) رواه البخاري ، ولم يكن النبي صلى الله عليه وسلم يدعو عند غسل وجهه، إنما كان يقول عند بداية الوضوء: " بسم الله " ، وعند نهايته: ( أشهد أن لا إله إلا الله وحده لا شريك له، وأشهد أن محمدًا عبده ورسوله ), والحكمة في ذلك – والله أعلم – أنه يجمع بين الطهورين : الطهور بالماء من الحدث الأصغر والأكبر، وهي الطهارة من الحديث الحسيّ، وذلك بالماء، ويأتي بالشهادتين للطهارة من الشرك، فيجمع إذًا بين الطهارتين: الطهارة من الحدث والطهارة من الشرك، هذا هي الحكمة، والله أعلم، أما ما عدا ذلك؛ فلا يقال أدعية أثناء الوضوء؛ لأنه لم يثبت عن النبي صلى الله عليه وسلم.
المنتقى من فتاوى الشيخ الفوزان -2/34
Silsilah Bid'ah Thaharah (Bersuci)
Apakah dibolehkan bagi seorang muslim apabila berwudhu lalu membasuh wajahnya seraya mengucapkan: Allahumma bayyidh wajhi kama bayyadhta wujuuhan wa kama sawwadta wujuuhan, Allahummaj'alni asyrabu min maa-il jannah...sampai akhir ucapan?
Jawab:
Tidak diucapkan do'a ini di saat membasuh wajah; karena tidak diriwayatkan dari Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam. Dan Nabi shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: "Barangsiapa mengada-adakan di dalam urusan kami perkara yg tidak ada bagian darinya, maka ia tertolak", riwayat Bukhari. Dan Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam tidak pernah berdo'a di saat membasuh wajahnya. Hanya saja beliau mengucapkan di permulaan wudhu': "bismillah". Dan di penghujungnya: "Asyhadu an laailaahaillallah wahdahu laa syariikalahu wa asyhafu anna muhammadan 'abduhu wa rusuuluhu". Dan hikmah dalam hal (wudhu') tersebut -wallahu a'lam- bahwasanya ia mengumpulkan dua kesucian; yaitu, kesucian dengan air dari hadats kecil dan besar, maksudnya kesucian dari hadats secara hissiy (indrawi). Dan (kesucian) itu dengan air. Dan mendatangkan 2 kalimat syahadat guna membersihkan dari syirik. Maka terkumpul kalau begitu diantara 2 kesucian; yaitu, kesucian dari hadats dan kesucian dari syirik. Ini adalah hikmah. Wallahu a'lam. Adapun selain itu, maka tidak diucapkan do'a-do'a di saat berwudhu', karena tidak tetap dari Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam.
Al Muntaqa min Fatawa Asy Syaikh Al Fauzan 2/34
Alih bahasa: Al Ustadz Abdul 'Aziz As Samarindy hafizhahullah