Header Ads

Nasehat bagi yang semangat menghadiri daurah namun kurang semangat menghadiri ta'lim rutin

Tanya:
Apa nasehat untuk kami, terkait dengan beberapa teman yang dia sangat bersemangat untuk menghadiri acara daurah, namun kurang bersemangat di dalam menghadiri ta'lim harian yang ada di kota masing-masing atau di ma'had, dia jarang datang?

Jawab:
Oleh Al Ustadz Abu Abdillah Luqman Ba'abduh hafizhahullah


Sebagai nasehat, bahwa justru thalabul 'ilm yang sebenarnya, yang lebih banyak manfaatnya, itu adalah thalabul 'ilm yang ada di kota masing-masing, yang ada di daerah masing-masing yang disampaikan oleh para asatidzah, yang sifatnya adalah kajian rutin, pelajaran. Kalau daurah yang semisal ini, tentu manfaatnya tidak sebesar kajian rutin di masing-masing daerah yang disampaikan oleh ustadz-ustadz.


Karena daurah semisal ini hanya sebatas membangkitkan semangat kembali dalam beramal, dalam berdakwah, thalabul 'ilm, atau berdakwah. Namun kajian yang rutin diadakan di masing-masing daerah disampaikan oleh asatidzah. Pelajaran tafsir, pelajaran aqidah, pelajaran fiqh, akhlaq, bahasa arab, hadits, itu jauh lebih besar manfaatnya. Dan semestinya mendapatkan perhatian lebih serius dari masing-masing teman. Na'am itu yang semestinya, barakallahufiik.


Download Audio disini
Diberdayakan oleh Blogger.