Silsilah bid'ah thaharah (6) - Apakah melafazhkan niat termasuk bid'ah
سلسلة أنواع بدع الطهارة
إذا تلفظت في داخل المسجد وقلت: اللهم إني نويت الوضوء لصلاة العصر مثلا، أو نويت الصلاة بهذه الطريقة هل هذا يعتبر بدعة؟
الجواب: ليس التلفظ بالنية لا في الصلاة ولا في الوضوء بمشروع؛ لأن النية محلها القلب، فيأتي المرء إلى الصلاة بنية الصلاة ويكفي، ويقوم للوضوء بنية الوضوء ويكفي، وليس هناك حاجة إلى أن يقول: نويت أن أتوضأ، أو نويت أن أصلي، أو نويت أن أصوم، أو ما أشبه ذلك، إنما النية محلها القلب، يقول الرسول صلى الله عليه وسلم: (إنما الأعمال بالنيات وإنما لكل امرئ ما نوى
ولم يكن عليه الصلاة والسلام ولا أصحابه يتلفظون بنية الصلاة، ولا بنية الوضوء، فعلينا أن نتأسى بهم في ذلك، ولا نحدث في ديننا ما لا يأذن به الله ورسوله، يقول عليه الصلاة والسلام: (من عمل عملاً ليس عليه أمرنا فهو رد) يعني: فهو مردود على صاحبه فبهذا يعلم أن التلفظ بالنية بدعة
(مجموع فتاوى ابن باز(10/423
Silsilah Bid'ah Thaharah (Bersuci)
Apabila saya telah mengatakan sebuah lafazh di dalam masjid dan saya mengatakan; Allahumma inni nawaitu al wudhu'a li shalati al ashri (ya Allah sesungguhnya aku niat berwudhu untuk shalat ashar) misalnya atau (ucapan); nawaitu ash shalaataa (saya niat shalat) dengan cara ini, apakah hal ini dianggap bid'ah?
Jawab:
Tidaklah melafazhkan niat, baik ketika shalat maupun wudhu disyariatkan. Karena niat itu tempatnya di hati. Maka hendaklah seseorang shalat dengan niat shalat dan itu cukup. Dan berwudhu dengan niat wudhu dan itu cukup. Sehingga tidak ada disana suatu keperluan untuk mengucapkan; nawaitu an atawadhdha'a (saya niat berwudhu, nawaitu an ushalliya (saya niat untuk shalat), nawaitu an ashuuma (saya niat untuk puasa) atau semisal itu. Hanya saja niat itu tempatnya di dalam hati. Rasul shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda: "sesungguhnya amalan-amalan itu tergantung niatnya, dan hanyasaja setiap orang memperoleh apa yang dia niatkan". Dan tidaklah beliau shallallahu 'alaihi wa sallam dan para sahabatnya melafazhkan niat shalat, dan tidak pula niat wudhu. Wajib bagi kita untuk meneladani mereka dalam hal tersebut. Dan kita tidak boleh berbicara di dalam agama kita sesuatu yang tidak diizinkan oleh Allah dan Rasul-Nya. Beliau shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda: "Barangsiapa yang mengamalkan suatu amalan yang tidak ada di atasnya perintah kami maka (amalan itu) tertolak". Yaitu tertolak atas pelakunya. Oleh karena itu diketahui bahwa melafazhkan niat adalah bid'ah.
Majmu' Fatawa Ibnu Baaz (10/423)
Alih bahasa: Al Ustadz Abdul 'Aziz As Samarindy hafizhahullah