Header Ads

Bolehkah menggunakan nama Roby dan Rahman

Tanya:
Bismillah
Ana mempunyai atasan bernama Roby Nurjaman dan Rahman Basri, yang sepengetahuan ana nama tersebut tidak boleh diberikan kepada makhluk.

Bolehkah ana menyapa mereka dengan nama pak Rahman atau pak Roby?
Jazakallahu khair.

Jawab:
Roby, roby ini nama Indonesia. Yakni ada beberapa kemungkinan. Bisa jadi yang dimaksud robbi (رَبِّ), kalau robbi ya tidak boleh, robbi Allah subhanahu wata'ala (الله). Tapi disini kan ba (بِّ)-nya, huruf b nya cuma satu. Sehingga ada kemungkinan roby saja, atau robi, atau robii, atau roobi, jadi tidak jelas. Sehingga asal hukumnya diperbolehkan. Dia tidak memanggil robbi, tapi roby saja. Tidak mengapa insya Allah.

Adapun rahman, kalau rahman, itu nama khusus milik Allah subhanahu wata'ala. Namun mungkin, mungkin namanya abdurrahman (عبد الرحمن), mungkin namanya abdurrahman. Orang Indonesia ini paling senang menyingkat nama orang. Nama yang bagus abdullah (عبدالله) jadi Dul. Singkat, menyingkat-nyingkat nama, ini kebiasaan orang Indonesia. Namun sebenarnya di dalam bahasa Arab pun ada meringkas seperti itu.

Targhib (تَرْغِيْب), istilah targhib ketika memanggil. Menghilangkan satu, dua huruf pada sebuah nama. Seperti nabi shallallahu 'alaihi wasallam memanggil 'Aisyah (عائشة), ya 'Aisy, menghilangkan ta (ت), yaitu panggilan keakraban, panggilan kemesraan. Ja'far (جعفر) misalnya ya Ja'fu, ya Ja'fa. Ada dua qiro'ah, 'ala lughoti man yantafir, 'ala lughoti man lam yantafir.

Walhasil bahwa kalau namanya itu Rahman, maka jangan, tidak diperbolehkan, Itu nama khusus milik Allah subhanahu wata'ala.

Download Audio disini
Diberdayakan oleh Blogger.