Header Ads

Suntik kb keluar darah lama, haid apa bukan

Tanya:
Afwan mau tanya, fulanah yang menggunakan suntik KB tiga bulan dikatakan tidak bisa haid, tapi selama dia pertama kali suntik dia selalu mengalami flek (keluar darah) dan juga seringnya banyak. Bau darah tersebut adalah bau darah haid. Lalu apakah dibolehkan untuk shalat dan puasa?
Jazakallohu khaeran.

Jawab:
Wa anti jazakillahu khoiron.

Ini salah satu dampak yang kurang baik, menggunakan pil, menggunakan suntik, untuk mencegah kehamilan misalnya. Atau suntik-suntik yang lainnya, mencegah haid. Itu biasanya memberi pengaruh pada siklus haid seorang wanita, yang tadinya beraturan jadi tidak beraturan. Ini permasalahan memang. Jadi kalau seorang wanita mengalami hal yang seperti ini.

Yang saya ketahui bahwa As Syaikh Ibnu Utsaimin rahimahullahu ta'ala menasehatkan untuk mengkonsultasikan terlebih dahulu ke dokter, untuk memastikan ini darah haid atau bukan. Konsultasikan terlebih dahulu ke dokter, mungkin ada semacam penelitian yang dengannya diketahui bahwa ini bukan darah haid. Kalau bukan darah haid berarti istihadah. Kalau ternyata itu darah haid, berarti dia dihukumi haid.

Tapi kalau misalnya, dia tidak memungkinkan mengkonsultasikan itu kepada dokter, dan itu lebih baik sebenarnya. Maka dia melihat kondisi darahnya sama seperti darah haid. Terlebih lagi dengan menggunakan suntik dan yang semisalnya  itu dapat menyebabkan perubahan siklus haid seorang wanita, maka kemungkinan besar pula itu termasuk haid. Misalnya seorang punya kebiasaan 7 hari haid seorang wanita. Kemudian pada saat dia suntik, menyuntuk untuk menghentikan haid misalnya atau yang lainnya, mencegah kehamilan.

Akhirnya menyebabkan perubahan, terjadi perubahan siklus, mungkin bertambah, misalnya sampai 10 hari, mungkin saja. Kalau itu terjadi setelah dia menyuntik, maka ada kemungkinan besar bahwa siklusnya berubah. Tidak lagi seperti kebiasaan sebelumnya, 7 hari. Maka dia menghukumi baru kembali bahwa dia punya kebiasaan yang baru hingga 10 hari, misalnya. Dia menghukumi bahwa seluruhnya adalah haid. Wallahu Ta'ala a'lamu bishawab.

Download Audio disini
Diberdayakan oleh Blogger.