Header Ads

Bagaimana mengatasi perselisihan diantara kaum muslimin

Tanya:
Bagaimana mengatasi perselisihan diantara kaum muslimin

Jawab:
Oleh Al Ustadz Usamah Faishol Mahri hafizhahullah

Dengan ilmu, kembali kepada ilmu, kembali kepada Qur'an dan sunnah. Allah sebutkan:

فَإِن تَنَازَعْتُمْ فِي شَيْءٍ فَرُدُّوهُ إِلَى اللّهِ وَالرَّسُولِ إِن كُنتُمْ تُؤْمِنُونَ بِاللّهِ وَالْيَوْمِ الآخِرِ
"Kalau kalian berselisih, kembalikan kepada Allah dan rasulNya, jika kalian beriman kepada Allah dan hari akhir" (QS An-Nisa: 59)

Para ulama sebutkan, perintah Allah ini menunjukkan pasti ada yang menyelesaikan segala perselisihan yang terjadi di kalangan ummat manusia. Karena Allah perintahkan kembalikan kepada Allah dan rasulNya. Karena mustahil dan tidak mungkin Allah perintahkan mereka kembali kepada Qur'an dan sunnah sementara disana tidak ada solusi, tidak mungkin! Allah maha mulia, tidak mungkin mereka berselisih dalam suatu masalah, ketika dikembalikan kepada Qur'an dan sunnah, tidak ada jawaban, tidak ada penyelesaian.

Berarti kan Allah sia-sia memerintahkan mereka kembali kepada Qur'an dan sunnah, padahal disitu tidak ada penyelesaian? Dan itu tidak mungkin bagi Allah. Allah perintahkan demikian karena pasti disitu ada solusi terbaik bagi mereka. Ta'ati jika mereka benar-benar beriman kepada Allah dan hari akhir. Mudah-mudahan kita semua diberi taufiq olehNya untuk kembali kepada Qur'an dan sunnah, berilmu yang bermanfaat, dan beramal shaleh dengannya.

Download Audio disini
Diberdayakan oleh Blogger.