Header Ads

Sedang shalat sunnah, kemudian ada yang bermakmum

Tanya:
Assalamu'alaykum warahmatullah wabarakatuh, kaif hal Ustadz, ana mau tanya. Jika kita sedang sholat sunnah lalu ada orang yang memberi isyarat akan menjadi jamaah bagi kita yang sedang sholat sunnah, maka apa yang harus dilakukan oleh orang yang sedang sholat sunnah tersbut? Apakah langsung menjadi imam atau gimana ya? Jazakumullah khoiron wa baraakallahu fiik.

Jawab:
Wa'alaykum salam warahmatullahi wabarakaatuhu, wa anta jazakallahu khoiron wa fiika barakallahu.

Apabila seorang mengerjakan shalat apakah itu shalat wajib atau sholat sunnah sendirian, lalu kemudian ada yang mengikutinya, maka tidak mengapa. Pada saat ada yang menikutinya bermakmum kepadanya maka secara otomatis dia telah berstatus sebagai imam. Meskipun di pertengahan shalat, maka tidak mengapa. Meskipun dia mengerjakan shalat sunnah, dibelakang mengerjakan shalat wajib tidak mengapa. Meskipun berbeda niat juga tidak mengapa. Maka dia langsung berstatus sebagai imam.

Seperti yang diamalkan oleh nabi shalallahu alaihi wa salam, dalam hadits Abdullah ibnu Abbas dalam riwayat Al Imam Al Bukhari ketika ibnu Abbas menginap di rumah Maimunah bintu Al Harits, bibinya beliau, istri nabi alaihi shalatu wa salam. Pada saat rasul alaihi shalatu wa salam beliau bangkit untuk mengerjakan shalat lail beliau pada awalnya sendirian kemudian setelah itu ibnu Abbas datang dan bermakmum di sisi nabi shalallahu alaihi wa salam. Maka dengan demikian berubah status beliau yang tadinya shalat sendirian menjadi berstatus sebagai imam.

Download Audio disini
Diberdayakan oleh Blogger.