Header Ads

Maksud pena makhluk pertama

Tanya:
Bismillaah, Ustadz hafizhakallahu, ada titipan pertanyaan;
'Afwan ana mau bertanya, apa yang dimaksud dengan "pena"?  Dari hadits tentang mahluk yang pertama kali diciptakan. Jazaakallohukhoyroo.

Jawab:
Wa anta jazakallahu khoiron

إن أوَّلَ ما خلق اللهُ تعالى القلمُ فقال له: اكتب! فقال: رب وماذا أكتب ؟ قال: اكتب مقادير كل شىء حتى تقوم الساعة

“Sesungguhnya mahluk yang pertama kali Allah ciptakan adalah Al-Qalam, kemudian Allah berfirman kepadanya: Tulislah! Kemudian Al-Qalam berkata:Wahai Rabbku, apa yang aku tulis? Allah berfirman: Tulislah taqdir segala sesuatu sampai datang hari kiamat” (HR. Abu Dawud [no. 4700], Shahih Abi Dawud [no. 3933], at-Tirmidzi [no. 2155, 3319], Ibnu Abi ‘Ashim dalam as-Sunnah [no. 102], al-Ajurry dalam asy-Syari’ah [no.180], Ahmad [V/317], Abu Dawud ath-Thayalisi [no. 577], dari Sahabat ‘Ubadah bin ash-Shamit Radhiyallahu ‘anhu, hadits ini shahih).

Apa yang dimaksud pena? Pena adalah awal ciptaan yang pertama kali diciptakan oleh Allah Subhanahu wata'ala yang diperintahkan oleh Allah Azza wa Jalla untuk menulis takdir. Bagaimana bentuk penanya? Wallahu A'lam, kita tidak tahu. Yang jelas itu makhluk. Termasuk diantara makhluk yang diciptakan oleh Allah Subhanahu wata'ala pertama kali.

Meskipun ada perselisihan di kalangan para ulama, apakah pena yang terlebih dahulu diciptakan apakah arsy' yang terlebih dahulu. Walhasil yang dimaksud pena di sini adalah makhluk, suatu makhluk yang diciptakan oleh Allah Azza wa Jalla yang kemudian Allah memerintahkan kepadanya untuk mencatat segala kejadian hingga yaumul qiyamah. Catatan takdir.

Dan ini termasuk dari perkara yang ghaib. Kita hanya bisa memberitakan apabila ada dalilnya dari Al Qur'an dari sunnah. Selebih dari itu, kita tidak mengetahuinya.

Download Audio disini
Diberdayakan oleh Blogger.