Header Ads

Hukum membaca surat Al Kahfi pada malam Jum'at dan hari Jum'at

Tanya:
Bismillah,
'Afwan Ustadz,
Membaca surat Al Kahfi PADA Malam Jum'at Dan hari Jum'at apakah haditsnya Shahih Dari Nabi Shallallahu 'alaihi wasallam?
Kebaikan Puji Tuhan dan Tuhan ZDK catatan

Jawab:
Fatwa Syaikh bin Baaz Berikut rahimahullah

السؤال: ما حكم قراءة سورة الكهف في ليلة الجمعة ويومها؟

الإجابة: جاء في قراءة سورة الكهف يوم الجمعة أحاديث لا تخلو من ضعف، لكن ذَكَرَ بعض أهل العلم أنه يشد بعضها بعضاً وتصلح للاحتجاج، وثبت عن أبي سعيد الخدري رضي الله عنه أنه كان يفعل ذلك.

فالعمل بذلك حسنٌ؛ تأسياً بالصحابي الجليل رضي الله عنه. وعملاً بالأحاديث المشار إليها. لأنه يشد بعضها بعضاً ويؤيدها عمل الصحابي المذكور.

أما قراءتها في ليلة الجمعة فلا أعلم له دليلاً وبذلك يتضح أنه لا يشرع ذلك. والله ولي التوفيق.

ــــــــــــــــــــــــــــــــــــــــ

مجموع فتاوى و رسائل الشيخ عبدالعزيز بن عبدالله بن باز - المجلد الثاني عشر.

Syaikh Bin Baz rahimahullah ditanya: Apa hukum membaca surat Al-kahfi dimalam Jum'at Dan harinya?

Beliau Menjawab:
Telah diriwayatkan beberapa hadits TENTANG membaca surah Al-kahfi PADA hari Jum'at Yang Terdapat padanya kelemahan, namun para ulama menyebutkan bahwa Riwayat tersebut saling menguatkan ANTARA Satu DENGAN Yang lainnya Dan Bisa dijadikan sebagai hujjah. Dan Telah sahih Dari Abu Said Alkhudri Radhiyallahu'anhu bahwa beliau melakukan HAL tersebut. Maka mengamalkannya Adalah Kebaikan, KARENA mengikuti sahabat Yang mulia tersebut, Dan JUGA mengamalkan hadits Yang Tadi disebutkan Yang saling menguatkan ANTARA Satu DENGAN yang lain, Yang dikuatkan DENGAN Amalan sahabat. Adapun membacanya dimalam Jum'at, Maka Saya TIDAK mengetahui dalilnya, sehingga jelaslah bahwa HAL ITU TIDAK disyariatkan. Wallahu Waliyyut taufiq.

(Kumpulan Fatwa Dan risalah Syaikh Abdul Aziz bin Baaz, jilid: 12)

Alih bahasa: Al Ustadz Abu Karimah Askari hafizhahullah
Diberdayakan oleh Blogger.