Header Ads

Apakah kita bersikap kepada MLM seperti baro terhadap ahlul bidah

Tanya:
Apakah kita mengambil sikap kepada MLM sama dengan baro kita kepada ahlul bid'ah?

Jawab:
Oleh Al Ustadz Abu Muawiyah Askary hafizhahullah

Ini bukan multi level marketing ya, ini MLM istilah yang baru. Yaitu seorang yang dikenal pembuat makar di dalam agama Allah Subhanahu Wa Ta'ala. Dan orang yang terpengaruh dan orang yang bersama mereka, terbagi menjadi dua. Yang pertama seorang yang tidak mengerti, jahil, polos orangnya. Ya sekedar ikut-ikutan. Maka orang yang seperti ini, jika memungkinkan untuk dinasehati, (maka, -red) nasehati terus, sampaikan nasehat! Sampaikan nasehat!

Kadang-kadang hadir disini, kadang-kadang hadir di majlis mereka, maka dinasehati. Semoga Allah Subhanahu Wa Ta'ala memberi wawasan kepadanya untuk bisa membedakan antara yang haq dan yang bathil.

Yang kedua, seseorang yang bersama orang-orang yang pembuat makar dalam dakwah, yang mereka menampakkan permusuhan, mengeluarkan ucapan-ucapan yang tidak sepantasnya terhadap para ulama. Mengatakan bahwa syaikh Rabi' itu keras, atau syaikh Rabi' itu bermanhaj khawarij. Seperti fitnah yang dilakukan oleh sebagian para pembuat makar di dalam dakwah ini. Maka apabila orang tersebut demikian, maka kita bersikap berlepas diri, baro. Dan menghidar itu lebih baik daripada termakan dengan berbagai macam syubhat yang palsu yang memalingkan kaum muslimin dari al haq dan dari ulamanya.

Download Audio disini
Diberdayakan oleh Blogger.