Header Ads

Silsilah bid'ah thaharah (4) - Apakah disunnahkan mendo'akan kesembuhan bagi siapa saja yang keluar dari WC

سلسلة أنواع بدع الطهارة

عندنا في مصر يقولون لمن يخرج من الخلاء " شفيتم؟ " فيقال لهم " شفاكم الله وعافاكم " فهل في هذا حرج أم أن ذلك يعد من البدع وإن كان من البدع فنرجو الدليل ؟

الجواب: أما المسألة الأولى: وهي أنهم إذا خرج الخارج لقضاء حاجته قالوا له: " شفاك الله "، فإن هذا لا أصل له، ولم يكن السلف الصالح يفعلون ذلك وهم خير قدوة لنا والإنسان مشروع له إذا أراد دخول الخلاء ليقضي حاجته من بول أو غائط أن يقدم رجله اليسرى ويقول عند الدخول: ( باسم الله أعوذ بالله من الخبث والخبائث " وإذا خرج قدم اليمنى وقال: " غفرانك الحمد لله الذي أذهب عني الأذى وعافاني "وإن اقتصر على قول: " غفرانك " فحسن أما هذا الدعاء الذي أشار إليه السائل، فلا أصل له ولا ينبغي أن يتخذه الناس عادة؛ لأن مثل هذه الأمور إذا اتخذت عادة صارت سنة وظنها الناس مشروعة وهي ليست مشروعة

الشيخ ابن عثيمين من فتاوى نور على الدرب

Silsilah Bid'ah Thaharah (Bersuci)

Di daerah kami di Mesir ada orang-orang yang mereka mengatakan kepada siapa saja yang keluar dari dari WC; syufiitum (semoga engkau diberi kesembuhan)? Lalu diucapkan untuk mereka; syafaakumullah wa 'aafaakum (semoga Allah Allah memberi kesembuhan dan keselamatan kepada kalian. Apakah hal ini tidak mengapa atau perkara tersebut dianggap bid'ah. Jika termasuk bid'ah maka kami mohon dalilnya?

Jawab: 
Adapun masalah yang pertama, yaitu bahwasanya mereka apabila ada yang keluar (dari WC) setelah menunaikan hajatnya, lalu mereka berkata kepadanya; syafaakallah (semoga Allah menyembuhkanmu), maka hal ini tidak ada asalnya dan tidak pernah dilakukan oleh Salafush Shalih. Padahal mereka adalah sebaik-baik panutan kita. Dan seseorang disyariatkan baginya apabila hendak masuk ke WC untuk menunaikan hajatnya, baik buang air kecil atau besar, hendaklah ia mendahulukan kaki kiri dan berdoa ketika masuk; bismillah a'uudzu billahi minal khubutsi wal khabaaits (Dengan menyebut nama Allah aku berlindung kepada Allah dari setan laki-laki dan setan perempuan). Dan apabila keluar (dari WC) mendahulukan kaki kanan dan berdoa; ghufraanak alhamdulillahilladzi adzhaba 'anniy al adza wa 'aafaaniy (kumohon ampunan-Mu, segala puji bagi Allah yang telang menghilangkan gangguan dariku dan memberi kesalamatan kepadaku). Dan apabila ia mencukupkan dengan ucapan; ghufraanaka, maka baik. Adapun doa yang telah diisyaratkan oleh penanya, maka tidak ada asalnya dan tidak boleh seseorang untuk menjadikannya sebagai kebiasaan. Karena perkara-perkara semisal ini apabila dijadikan sebagai kebiasaan, maka ia akan menjadi sunnah (jejak). Dan manusia menyangka hal tersebut disyariatkan, padahal tidak ada syariatnya.

Asy Syaikh 'Ibnu 'Utsaimin dari Fatawa Nuurun 'ala Ad Darb

Alih bahasa: Al Ustadz Abdul 'Aziz As Samarindy hafizhahullah
Diberdayakan oleh Blogger.