Header Ads

Bolehkah seorang lelaki menasehati wanita melalui sms atau semisalnya

Tanya:
Ustadz, ana punya teman akhwat (ini yang menulis siapa ini?, ikhwan?) yang belum lama mengenal manhaj salaf dan masih belum mampu meninggalkan gambar baik itu dalam media media sosial apapun. Bolehkah ana selaku teman lama untuk memberi peringatan melalui sms atau semisalnya.

Jawab:
Oleh Al Ustadz Abu Muawiyah Askary hafizhahullah

Ini masalah teman lama ini juga fitnah. Boleh jadi cinta lama bersemi kembali. Jadi jangan dia yang sms! Na'am, kalau dia mengetahui ada temannya ikhwan yang dia sudah punya istri, biar istrinya ikhwan itu yang memberitahu. Jangan dia yang mengirimkan sms! Kadang-kadang sms itu fitnah. Apalagi datang dari pemuda, yang dikirim kepada pemudi, akhwat.

"Oh sms dari ikhwan, Fulan bin Fulan"

Terbayang-bayang, karena teman lama berarti terbayang-bayang dalam khayalnya dia. Bisa jadi dia menyimpan dengan baik, jangan sampai terdelete ini sms ini. Karena ini sms istimewa ini. Jadi menghindar dari segala hal yang dikhawatirkan menimbulkan fitnah. Ini berbahaya sekali. Nabi shallallahu 'alaihi wasallam mengatakan:

مَا تَرَكْتُ بَعْدِي فِتْنَةً أَضَرَّ عَلَى الرِّجَالِ مِنَ النِّسَاءِ
"Aku tidak meninggalkan satu fitnah yang paling berbahaya bagi kaum lelaki dari fitnah wanita"

Dari fitnah wanita. Jangan bermudah-mudahan dalam masalah ini! Apalagi ketika seorang masih berstatus perjaka, pemuda. Sangat berbahaya sekali, hindari! Meskipun teman lama atau apa, hindari! Cari yang memungkinkan itu tadi, dia punya kenalan ikhwan, ikhwan sudah berkeluarga. Lewat istrinya ikhwan yang menyampaikan, na'am. Itu lebih aman dari fitnah, sehingga tidak menimbulkan hal-hal yang dikhawatirkan terjadi fitnah di belakang hari, na'am.

Kadang-kadang ada sebagian merasa aman, dalam hal-hal seperti ini. Bahkan ada seorang dianggap ustadz, alhamdulillah bukan dari ahlussunnah, dari sururiyyin. Dan mereka dikenal bermudah-mudahan dalam urusan pergaulan laki perempuan. Mengajar tanpa hijab itu biasa mereka, na'am. Membuat group, adminnya ustadz ini laki-laki, semua isinya akhwat semua, akhwat ummahat semua isinya. Laa haula walaa quwwata illa billah, na'am. Tidak merasa aman,  terjadi obrolan, yang ini berbicara, yang ini juga berbicara, na'am maka ini fitnah!

Ma'asyaral ikhwah rahimakumullah, wajib bagi seorang muslim baik dia seorang muslim penuntut ilmu, ataukah dia seorang ustadz, berusaha untuk menjaga diri dari hal-hal yang seperti ini. Jauhkan diri dalam hal-hal yang kaitannya dengan hubungan seorang dengan wanita.

Download Audio disini
Diberdayakan oleh Blogger.