Header Ads

Urutan surat dalam mushaf tidak sama dengan urutan turunnya

Tanya:
Surat yang pertama kali diturunkan adalah 'iqra (Al 'Alaq), dan yang terakhir adalah Al Ma'idah. Koq dalam Al Qur'an susunannya yang pertama Al Fatihah dan yang terakir An Naas?

Jawab:
Oleh Al Ustadz Qomar Suaidi hafizhahullah

Penyusunan surat-surat disitu sebagiannya ada yang sifatnya ijtihad dari para sahabat radhiyallahu 'anhum ajma'in, sehingga waktu itu ada sebagian perbedaan antara mushaf Ibnu Mas'ud dengan mushaf yang lain. Apakah Al 'Imran didahulukan atau An Nisa, yakni seputar itu, yang jelas ada perbedaan taqdim dan takhir. Tapi kemudian para ulama sepakat dalam hal tartib tersebut. Dan dengan kesepakatan mereka para ulama, dan mungkin sebagian besarnya memang mereka mendapat tuntunan dari para sahabat  radhiyallahu 'anhum ajma'in, maka kita ikuti kesepakatan mereka.

Dan mungkin saja para  sahabat radhiyallahu 'anhum ajma'in, mereka juga pernah mendengar dari nabi shallallahu 'alaihi wasallam tentang hal ini, wallahu a'lam. Tapi yang jelas, itulah yang kita dapati dari para pendahulu kita, mereka menyepakati hal itu. Walaupun sempat ada sedikit perbedaan di awal-awal surat.

Download Audio disini
Diberdayakan oleh Blogger.