Header Ads

Adakah shalat di siang hari sekitar jam 10 pagi selain shalat dhuha



Tanya:
Abu Fiqki (TIS 3)

Bismillah afwan ustadz ana mau tanya.... apakah ada sholat niat di siang hari sekitar jam 10 pagi diluar sholat dhuha/sholat permohonan untuk dikabulkan tujuan baiknya? Mohon jawabannya, pertanyaan ini diminta dari teman-teman di kerjaan ana, barokaallohufikum.

Jawab:
Oleh Ustadz Askari hafizhahulloh

Wafiikum barakallahu.

Jam 10 pagi itu masih waktu dhuha, sehingga yang nampak wallahu ta'ala a'lam, shalat pada waktu itu adalah shalat adh dhuha. Meskipun misalnya ada nama-nama yang lain, misalnya disebut shalat al awwabin. Sebab rasul shallallahu 'alaihi wasallam dalam riwayat Imam Muslim mengatakan:

صَلَاة الْأَوَّابِينَ حِين تَرْمَض الْفِصَال

Shalat al awwabin (shalatnya orang-orang yang kembali kepada Allah, orang-orang yang bertaubat kepada Allah Subhanahu wata'ala, yaitu shalat adh dhuha) pada saat kerikil-kerikil itu sudah mulai memanas. (lihat Syarah Shahih Muslim lin-Nawawi hal. 614; Maktabah Ash-Shaid).

Yang menunjukkan panasnya matahari ketika itu. Oleh karena itu, waktu shalat adh dhuha, semakin matahari itu memanas, semakin afdhal. Yakni semakin mendekati akhir waktu dhuha. Itu bagian dari shalat adh dhuha. Wallahu a'lam.

Download Audio disini
Diberdayakan oleh Blogger.