Header Ads

Menyikapi makanan yang mengandung pala

Tanya:
Assalamu'alaykum um,afwan ana tahu dari gruop tamam kalau biji pala itu haram. Saat masak bersama mertua tadi ana lihat mertua menggunakan pala untuk memasak sop. Ana coba beritahu kalau ulama memfatwakan haram. Tapi mertua tidak terima dengan alasan di Indonesia tidak ada yang gunakan pala untuk sesuatu yang memabukkan, beliau juga bilang gulainya orang arab memakai pala. Bagaimana ana harus menyikapi masakkannya?

Jawab:
Oleh Al Ustadz Abu Karimah Askari hafizhahullah

Ya jangan dimakan, kalau jelas itu ada campuran palanya, jangan dimakan. Banyak dari kalangan para ulama menjelaskan bahwa pala ini ada unsur memabukkan. Maka meninggalkannya lebih baik. Ada yang mengatakan bahwa pada bijinya itu lebih terasa memabukkannya. Justru pada bijinya. Karena dulu waktu kecil, makan buah pala, ini rasanya tidak pernah mabuk. Rasanya tidak pernah memabukkan. Namun para ulama menerangkan demikian, Wallahu Ta'ala A'lam.

Dan memang kebanyakan yang digunakan itu bijinya, dan saya dengar bahwa di Arab Saudi itu melarang untuk mengimpor biji pala. Karena mengandung zat yang memabukkan. Sehingga meninggalkannya lebih baik.

Download Audio disini
Diberdayakan oleh Blogger.