Header Ads

Bagaimana dengan aplikasi qur'an android saat di luar rumah dan harus masuk toilet? Wanita haid apakah boleh membacanya?



Tanya:
Sekarang ini ada aplikasi Qur'an android yang bisa dibuka layaknya mushaf as sharif, Bagaimana mendapati situasi ketika kita diluar rumah dan harus masuk hammam?

Kalau dia wanita yang haid, apakah dia boleh membacanya?

Jawab:
Oleh Ustadz Askari hafizhahulloh

Yang menjadi permasalahan, apakah aplikasi Al Qur'an atau mushaf yang terdapat di dalam HP Android atau yang lainnya, termasuk ke dalam hukum mushaf? Yakni kembali kepada masalah ini. Apabila dia dihukumi mushaf maka, tidak diperbolehkan disentuh oleh seorang yang tidak dalam keadaam suci, wanita haid, atau seorang yang dalam keadaan junub. Jika kita mengatakan bahwa itu termasuk mushaf. Namun yang dhahir wallahu ta'ala a'lam tidak dihukumi mushaf. Karena apa yang muncul (ketika muncul) ya itu saja yang muncul. Tidak sama halnya seperti mushaf dalam bentuk lembaran-lembaran. Wallahu ta'ala a'lam, dan ini yang menjadi fatwa para ulama, diantaranya al allamah Shaleh Al Fauzan hafizhahullahu ta'ala.

Sehingga kalau kita mengatakan bahwa ini bukan mushaf, maka diperbolehkan dibaca dan disentuh meskipun seorang tidak dalam keadaan suci. Termasuk seorang wanita yang sedang mengalami haid. Tidak mengapa insya Allahu ta'ala. Dan apabila seorang hendak memnbawa masuk ke dalam kamar mandi, sebaiknya aplikasinya ditutup. Jangan dibiarkan dalam keadaan terbuka lalu kemudian dia masuk ke dalam kamar mandi dalam keadaan disana ada ayat-ayat Al Qur'an Al Karim yang terbuka. Wallahu a'lam.

Download Audio disini
Diberdayakan oleh Blogger.