Header Ads

Apakah sah mandi junub yang niatnya diantarai hingga dia lupa

Tanya:
Ustadz hafidzokalloh, apakah sah mandi janabah jika masuk kamar mandi dengan niat mandi janabah, namun di kamar mandi sikat gigi dulu atau buang air dulu sehingga lupa telah junub, kemudian mandi biasa dalam keadaan lupa kalau itu mandi junub, apakah mandi janabahnya sah dalam keadaan seperti itu? Yakni niatnya ada yang mengantarai sampai lupa.

Jawab:
Oleh Al Ustadz Abu Muawiyah Askary hafizhahullah

Apabila pada saat dia mandi dalam keadaan dia tidak meniatkan bahwa dia mandi janabah, maka tidak dikatakan mandi tersebut mengangkat hadas. Tidak dikatakan mandi tersebut mengangkat hadas besar. Sebab rasul shallallahu 'alaihi wa'alaalihi wasallam mengatakan:

عَنْ أَمِيْرِ الْمُؤْمِنِيْنَ أَبِي حَفْصٍ عُمَرَ بْنِ الْخَطَّابِ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ قَالَ: سَمِعْتُ رَسُوْلَ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَقُوْلُ: «إِنَّمَا الأَعْمَالُ بِالنِّيَّاتِ،
Dari Umar bin al-Khaththab radhiallahu 'anhu, beliau berkata, Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda, "Sesungguhnya setiap amal tergantung niatnya,

Maka apabila pada saat dia mandi, dia tidak memiliki niat untuk mengangkat hadas besar, maka yang dhahir wallahu ta'ala a'lam dia tidak dikatakan mandi junub dan dia harus mengulangi dan meniatkan mandi junub apabila dia mandi. Wallahu ta'ala a'lam.

Download Audio disini
Diberdayakan oleh Blogger.